Senin, 30 Juli 2018

PERLU TEKNIK !!! Menanam Bawang Putih Yang Benar

Hasil gambar untuk tanaman bawang putih

Ada sekian banyak tingkatan yang perlu dikerjakan supaya budidaya bawang putih bisa sukses dengan optimal. Beberapa tahapan yang butuh dilihat salah satunya, yakni : waktu tanam, bibit yang akan di tanam, pemrosesan tanah, tehnik menanam, serta pemeliharaan tanaman. 

Waktu tanam 

Waktu tanam bawang putih semestinya dikerjakan ketika mendekati musim kemarau datang, meskipun bawang putih membutuhkan air yang banyak dalam keberlangsungan hidupnya, akan tetapi keadaan tanah yang sangat becek kurang baik buat perubahan bawang putih. 

Jadi diupayakan penanaman bawang putih semestinya pada bulan April sampai Juni, di mana bulan-nulan itu telah masuk musim kemarau. 

Penentuan bibit yang akan ditanam 

Penentuan bibit yang berkualitas begitu terpenting, karena dari hasil bibit yang berkualitas akan memberi hasil yang optimal. Untuk mendapat bibit yang berkualitas umumnya beberapa petani bawang putih pilih dua langkah. 

Pertaman, lewat cara beli bibit, dengan langkah tersebut penentuan bibit cukuplah efisien dari sisi waktu tidak mesti menanam bibit sendiri yang memerlukan waktu. Bila beli bibit yang butuh dilihat merupakan ukuran umbinya, pilih ukuran umbi yang kecil atau yang tengah, tidak hanya harga nya relative tambah murah penanganannya juga lebih ringan. Serta satu hal yang butuh dilihat dalam beli bibit yakni pilih yang telah bersertifikat karena mutunya terjamin. 

Ke-2, dengan bibit sendiri, pada pilihan ke-2 ini yang butuh dilihat merupakan pilih bibit yang datang dari perkembangan tidak cacat, sehat, normal, serta bebas penyakit. 

Untuk bibit sendiri, semestinya pakai tempat spesial untuk menanam, jangan pernah tercampur dengan tanaman yang akan dikonsumsi. Jarak yang baik untuk bibit ini yakni 10cm x 10cm. dengan jarak tanam itu akan membuahkan umbi bawang putih memiliki ukuran tengah yang tambah tinggi serta sejumlah semakin banyak. 

Budidaya, bawang, putih, langkah, menanam, 
Keperluan bibit untuk budidaya bawang putih bergantung luas ruang, ukuran bibit, serta jarak tanam. Bila jarak tanam yang dibikin pada 10-15cm, jadi bibit yang diperlukan ±600. 000 buah suing tiap-tiap hectare. Bila tiap-tiap suing beratnya 3 gr, bibit yang diperlukan seputar 1. 350-1. 400 kg bawang putih tiap-tiap hectare. 

Pemrosesan tanah 

Untuk mendapat hasil yang baik, pemrosesan tanah yang akan ditanami bawang putih begitu terpenting agar bawang yang ditanam tumbuh dengan subur. Pemrosesan tanah yang perlu dikerjakan, mencakup penggemburan tanah, pembuatan bedengan, pengapuran tanah, terutaman untuk tanah yang berbentuk asam, serta pemberian pupuk basic. 

Penggemburan tanah. Tanaman bawang putih akan tumbuh dengan baik jika tanahnya gembur. Penggemburan dapat dikerjakan dengan cangkul, bajak, atau traktor. Kemudian siap dibikin bedengan-bedengan. 

Pembuatan bedengan. Hal pertama yang perlu dilakuakn untuk pembuatan bedengan adalah dengan menggali tanah untuk parit atau aliran air. Ukuran serta kedalaman aliran seputar 40 cm. tanah galian dari parit, disimpan di kiri kanan parit, serta dipakai untuk membuat bedengan. Panjang bedengan umumnya seputar 300 m dengan lebar 80 cm serta tinggi 15-30 cm. 
Pengapuran 

Pengapuran dikerjakan buat tanah yang karakter keasamannya cukuplah tinggi. Untuk pastikan apa tanah butuh ditambah kapur ataukah tidak, butuh dikerjakan pengukuran keasaman tanah dengan alat pHmeter. 

Kapur yang digunakan merupakan kapur karbonat, kapur yang datang dari batu kapur yang secara langsung digiling tanpa lewat proses pembakaran. Waktu yang baik untuk pengapuran tanah dikerjakan 2-4 minggu sebelum dikerjakan penanaman. Serta pemberian kapur semestinya dikerjakan ketika tidak berlangsung hujan. 
Pemberian pupuk dasar 

Sebelum dilkaukan penanaman butuh dilkakukan pemupukan terlebih dulu, pemupukan basic ini dikerjakan sebelum dikerjakan penanaman seputar satu minggu sebelum ditanami. 

Tehnik menanam 

Langkah menanam bawang putih, umbi bawang putih yang akan ditanam terlebih dulu dipipil atau dipecah, untuk mempermudahnya umbi dijemur saat beberapa saat. Sebelum ditanami bedengan dibasahi terlebih dulu, lalu bibit yang berbentuk suing ditanam dilubang yang sudah disiapkan. Lubang tanam janganlah sangat dalam agar suing tidak tenggelam semua, kedalaman suing yang ditanam seputar 3-4 cm, supaya tidak ringan busuk serta tidak ringan rebah. 

Tempat suing mesti tegak lurus serta ujung suing menghadap ke atas, kalaupun terbalik tanaman akan tumbuh tidak prima. Sesudah tuntas penanaman kemudia permukaan tanah tertutupi dengan jerami untuk melindungi keadaan permukaan tanah. 

Sumber : http://www.bestbudidayatanaman.com/2012/12/Budidaya-Bawang-Putih-dan-Cara-Menanam-Bawang-Putih.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALL ABOUT BAWANG MERAH

Bawang merah merupakan salah satunya varietas tumbuhan berumbi yang bisa hidup di dataran tinggi. Bawang merah dimaksud semacam itu ka...