Sabtu, 21 Juli 2018

Aneka Produk Olahan Bawang Lengkap



Bawang Merah, Allium cepa var. aggregatum L. dalam bhs daerah diketahui La'zuna (tmn). Termasuk juga tanaman bumbu yang faedahnya banyak buat manusia. Masakan ikan sayur serta yang lain, merasa tidak enak jika tidak diperlengkapi dengan type tanaman ini. Karena itu, tanaman ini saat diketahui, berusaha dikembangbiakan petani. 

Produk olahan yang bisa dibuat dari bawang merah, cukuplah beragam hingga prospek peningkatan produk olahan bawang merah masih tetap begitu terbuka. Contoh-contoh produk olahan bawang merah salah satunya merupakan : bawang goreng, tepung bawang, pasta bawang, krupuk bawang dan lain-lain. 

Di bawah ini beberapa tehnologi produk olahan bawang merah yang sudah diketahui oleh orang-orang : 

1. Bawang Goreng 

Bawang goreng adalah produk olahan yang cukuplah diketahui oleh orang-orang. Pemrosesan produk ini tidak susah serta bisa dikerjakan dengan cost murah menjadi usaha kecil rumah tangga. 

untuk mendapat olahan Bawang merah, jadi dibutuhkan alat serta bahan seperti berikut : 

Bawang merah, 
Tepung terigu, 
Tapioka, 
Minyak goreng, 
Pisau serta telenan (alat ini dipakai untuk mengiris umbi bawang merah), 
Baskom (alat ini dipakai untuk menyimpan hasil irisan), 
Wajan (alat ini dipakai untuk menggoreng irisan bawang), 
Tungku kayu atau kompor 
Peniris (alat ini dipakai untuk meniriskan minyak irisan bawang yang baru usai digoreng. Karena itu bisa dipakai tampah serta besek anyaman, atau wadah plastik yang berlobang. Penirisan dapat juga memakai mesin peniris sentrifugal) 
Botol kaca bermulut lebar serta penutup ulir atau kantung plastik yang dipakai untuk mengemas bawang goreng. 
Sealer listrik (alat ini dipakai untuk tutup kantong plastik) 
Langkah Pembuatan Bawang Goreng 

Bawang dikupas, serta pangkal umbi dibuang, lalu bawang dicuci hingga sampai bersih. 
Terigu digabung dengan tapioka hingga sampai rata. Setiap 150 gr tapioka digabung dengan 175 gr terigu. Kombinasi ini dimaksud tepung kombinasi. 


Bawang iris membujur (tebal ± 2 mm), lalu dimasukkan ke baskom, serta ditambah dengan tepung kombinasi. Baskom digoyang-goyang hingga sampai bahan tercampur rata. Tiap-tiap 1 kg irisan bawang digabung dengan 65 gr tepung kombinasi. Hasil yang didapat dimaksud irisan bawang bertepung. 
Irisan bawang bertepung selekasnya digoreng didalam minyak panas (suhu 1700C) sepanjang 10 menit hingga sampai garing. Kemudian bawang ditiriskan serta didinginkan. 
Bawang goreng yang sudah dingin dikemas didalam paket tertutup rapat. Menjadi paket bisa dipakai kantong plastik, atau botol kaca bermulut lebar dengan penutup ulir. 

2. Tepung Bawang Merah 

Tepung bawang merah adalah produk olahan bawang merah yang mempunyai manfaat mengkonsumsi serta sudah memasyarakat. Pembuatan tepung bawang merah memang perlu dilihat supaya cita perasaan atau perasaan bawangnya tidak hilang. 

Pada umumnya bagian pembuatan tepung bawang merah merupakan seperti berikut : 

Pembuatan irisan bawang merah. Bawang merah dikupas terlebih dulu sebelum iris. Pengirisan dikerjakan dengan memakai pisau tajam dengan tebal irisan bawang kurang lebih 3-6 mm. 
Perendaman dalam Larutan Natrium Bisulfit. Proses perendaman dalam larutan Na-bisulfit untuk mengawetkan serta menghalangi pergantian warna karena reaksi pencoklatan. Juga untuk menahan rusaknya oleh serangga serta mikroorganisme pada bahan pangan yang akan dikeringkan. Perendaman bawang merah ke larutan bisulfit sebelum pengeringan akan memberi warna yang baik pada produk akhir tapi mengakibatkan rusaknya pada flavor serta aroma. Pemakaian Natrium Bisulfit baiknya sekedarnya serta diusahakan dalam jumlahnya dikit mungkin saja menjadi bahan penambahan. 
Menambahkan Tepung Maizena. Pati adalah komponen paling besar dalam tepung maizena. Ada pati dalam proses pengeringan bawang akan membuat perlindungan flavor serta perasaan. Jumlahnya yang ditambahkan seputar 5-15% dari berat bawang. 
Pengeringan dengan oven. Pengeringan bawang merah bisa dikerjakan dengan system batch. Pengeringan dengan system batch dikerjakan pada suhu 37, 8-600C, sepanjang 7-48 jam dengan kandungan air akhir 3-5 persen. 
Penggilingan. Potongan-potongan bawang merah berupa irisan tipis sudah alami pengeringan hingga sampai kandungan air kurang dari 10%, diperkecil dengan menggiling jadi bentuk bubuk yang diharapkan. Pengecilan ukuran dikerjakan dengan memakai penggilingan yang diperlengkapi dengan ayakan. Penggiling dioperasikan dengan kecepatan spesifik serta ayakan yang dipakai memiliki ukuran lubang minimal 100 mesh serta maximum 140 mesh. Kandungan air akhir bubuk maximum merupakan 14 persen (Ristek, 2014). 

3. Pasta Bawang Merah 

Pasta bawang merah merupakan bumbu pasta instan menjadi bumbu siap saji yang dibikin berbentuk pasta. Terbuat dari beberapa kombinasi bumbu serta rempah, sama dengan manfaat bumbu itu. Contohnya bumbu gulai, bumbu rendang, bumbu semur dan lain-lain. 

Bumbu-bumbu yang diperlukan untuk semasing kuliner itu telah dikumpulkan, serta dibikin berbentuk pasta (Suriana, 2011). Pasta Bawang merah adalah satu kreasi serta pengembangan baru dari olahan bawang merah yang memiliki komposisi gizi yang cukuplah komplit dibanding produk olahan bawang yang lain. 

Pasta Bawang merah memiliki kandungan lemak, protein, karbohidrat, serta vitamin C. Tingkat keawetan serta kepraktisan dan harga yang dapat dijangkau jadikan produk ini begitu kompetitif dengan produk olahan bawang merah yang lain. 

Market share pasta bawang merah ini juga cukuplah luas, salah satunya merupakan beberapa ibu rumah-tangga, beberapa juru masak, serta beberapa pedagang masakan termasuk juga rumah makan serta hotel (Irawan, dkk., 2014). 

Cara membuat pasta bawang merah lumayan sederhana, yaitu dengan mengupas bawang merah lalu diblanching sepanjang 5-10 menit, serta setelah itu diblender. Pasta bisa digabung bumbu yang lain sesuai dengan keperluan serta hasrat. Kemudian pasta bawang merah bisa disimpan dalam botol selai yang sudah disterilkan. 

4. Kerupuk Bawang Merah. 

Kerupuk bawang merah bisa dibikin dengan mencampurkan tepung-tepungan yang ditambah bawang yang dihaluskan dengan bumbu atau lumatan lalu dikukus, lantas disayat-sayat tipis atau dibuat dengan alat lalu dijemur supaya ringan digoreng.

Sumber : http://sulut.litbang.pertanian.go.id/index.php/106-infoteknologi4/791-aneka-produk-olahan-bawang-merah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALL ABOUT BAWANG MERAH

Bawang merah merupakan salah satunya varietas tumbuhan berumbi yang bisa hidup di dataran tinggi. Bawang merah dimaksud semacam itu ka...